https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhYDNgRn2ctIkwgySYGFA5Wy6ZBSZ2xkPpjhfURfVHS1mAOKZue6uLYBKEfdx1roznGWLiDZBrXu69BPIQpPTp373yFxjFHKVKNDtxIrE8xiDiI7JkQokjMIbLj_5sRFgcEalPigkToNsQ/s1600/angry-bird-logo.jpg
Kababitak-Angry
Birds jadi game paling populer tahun ini. Dengan diunduh oleh ratusan
juta gamer, Angry Birds telah meraup sukses besar di dunia. Salah satu
faktor yang membuatnya bisa begitu populer adalah game tersebut bisa
dimainkan oleh hampir semua kelompok umur dan kalangan.
Game
ini dimainkan dengan melontarkan burung (angry birds) menggunakan
ketapel untuk menghancurkan babi yang terlindung di dalam kandang.
Semakin cepat babi bisa dihancurkan, dan semakin sedikit burung yang
digunakan, nilainya akan semakin tinggi. Peringkat nilai ditandai dengan
jumlah bintang. Skalanya mulai dari satu bintang hingga tiga bintang.
Meski
sederhana cara memainkannya, ternyata proses untuk melahirkan game ini
telah berjalan sejak tahun 2003. CEO Rovio (studio game menciptakan
Angry Birds), Mikael Hed, mengungkapkan bahwa kisah lahirnya Angry Birds
bermula dari keahilan Nicholas, yang tidak lain adalah keponakan
Mikael.
Di
tahun itu, Hewlett-Packard dan Nokia membuat kompetisi membuat game.
Nacholas lalu mengajak teman-temannya untuk ikut kompetisi dan mereka
menang. Di akhir 2003, mereka lalu didukung Mikael untuk bersama-sama
memproduksi game. Sekitar tahun 2005, Mikael keluar. Pembuatan game
tetap berlangsung, tapi tidak ada yang populer.
Awal
tahun 2009, Mikael kembali bergabung untuk membesarkan perusahaan yang
berbasis di Finlandia itu. Saat itulah Mikael mendorong timnya untuk
terus maju. Saat itu dia sempat berhasil bekerja sama dengan industry
besar seperti Electronic Arts dan Digital Chocolate.
Lalu
bagaimana prosesnya hingga Angry Birds bisa lahir? Kepada PCworld
Mikael mengungkapkan bahwa saat itu perusahaannya terlalu sibuk dengan
kontrak untuk menyelesaikan proyek perusahaan lain. Cara itu dinilainya
tidak cukup menyehatkan bagi Rovio. Mikael lalu mengurangi banyak
kontrak dan mulai berpikir untuk secara internal membuat proyek sendiri,
yang tidak lain dan tidak bukan adalah membuat game.
Proposal
dari para anggota tim pun berdatangan ke meja Mikael. Semua proposal
game yang diterima, kata Mikael, sangat bagus. Lalu dia mengumpulkan
timnya untuk memilik proposal terbaik. Ternyata semua anggota tim suka
dengan karakter burung. Akhirnya diambillah proposal game yang
menggunakan karakter burung itu.
Pertemuan
tim berjalan semakin intensif untuk menentukan karakter burung yang
akan digunakan, serta cara memainkannya. Setelah melihat banyak
referensi game, lalu tim sepakat untuk menggunakan karakter Angry Birds
dan menemukan cara memainkannya. Sejak Maret 2009, game itu mulai
diprogram. Saat awal dibuat tim ini beranggotakan 10 orang, tapi begitu
menjelang proyek berakhir anggota tim berkurang menjadi lima orang.
Saat
awal diuji coba, Mikael sempat merasa bahwa Angry Birds bukanlah game
yang diinginkannya. Namun ternyata begitu diluncurkan Desember 2009,
game ini langsung menduduki urutan pertama game terpopuler di Finlandia.
Pada Februari 2010, Angry Birds menjadi game terpopuler di Amerika.
Saat itu, penjualannya sudah mencapai 5 juta dolar AS. Makin hari,
popularitasnya pun menanjak.
download link di bawah ini
angry bird
0 komentar:
Posting Komentar